Mengatasi Masalah USB Device Not Recognized

Diposkan oleh Ary Priambodo on Selasa, 26 Juni 2012


Sebagian dari kita pasti pernah mengalami masalah ketika media berbasis USB yang kita gunakan (seperti flash disk) saat dicolokkan ke komputer tidak dapat dideteksi oleh Windows. Peristiwa ini seringkali ditandai dengan adanya pesan “USB Device Not Recognized.” Masalah ini bisa sangat menjengkelkan, apalagi saat kita sedang dikejar waktu saat bekerja. Nah, melalui artikel ini saya akan membagi informasi yang saya dapat dari ebsoft.web.id.


Untuk memastikan bahwa bukan USB drive kita yang bermasalah, sebaiknya dicoba dulu memasangnya di komputer atau laptop lain jika ada. Jika di komputer lain USB masih terdeteksi dengan normal, berarti komputer (windows) kita yang bermasalah dan beberapa cara berikut bisa dicoba untuk mengatasinya.

Restart Komputer
Ini adalah cara yang paling umum dilakukan dan memang merupakan salah satu cara termudah yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Melepas kabel power supply dan baterai di laptop
Mungkin cara ini tidak populer (bisa dikatakan ‘aneh’), tetapi ketika membaca berbagai tanggapan akan permasalahan ini di situs Microsoft, ternyata menggunakan cara ini banyak yang berhasil. Caranya dengan mematikan komputer kemudian melepas kabel power supply (listrik) yang terpasang ke Komputer, kemudian tunggu beberapa menit dan pasang kembali kabel power tersebut. Untuk laptop, melepas kabel saja belum cukup, tetapi juga harus melepas baterai laptop dan tunggu beberapa menit kemudian pasang kembali.
Jika langkah ini berhasil, maka kemungkinan yang bermasalah adalah chipset Motherboard komputer tersebut. Dengan melepas power supply, maka motherboard akan melakukan inisialisasi ulang sistem di dalamnya

Gunakan System Restore
Jika System Restore di komputer aktif dan kita memiliki setidaknya satu Restore Point, kita bisa mengembalikan konfigurasi sistem komputer ke waktu atau keadaan sebelum masalah USB tidak terdeteksi muncul. Perlu diingat bahwa dengan System Restore, maka program atau aplikasi yang diinstall setelah waktu/tanggal Restore akan hilang (tergantung setting drive mana yang di monitor).
System Restore bisa diakses melalui menu Start > Programs > Accessories > System Tools > System Restore.

Uninstall USB Host Controller melalui Device Manager
Langkah ini juga banyak dilaporkan berhasil mengatasi masalah USB Device Not Recognized. Langkah detailnya sebagai berikut :
  1.  Buka Control Panel dan pilih Device Manager. Atau klik kanan My Computer dan pilih Properties, kemudian pilih menu Device Manager. Cara lainnya, ketikkan Devmgmt.msc di menu Run (Start > Run) dan klik OK, selanjutnya dari window yang muncul pilih Device Manager
  2. Pilih “Universal Serial Bus Controllers” (biasanya terletak di bagian paling bawah), dan klik dua kali untuk melihat tampilan seperti gambar disamping:        
  3. Klik kanan dari daftar yang ada kata-kata “… Host Controller” kemudian pilih Uninstall. Lakukan satu persatu, ingat yang mengandung kata “Host Controller” saja, kecuali ada masalah dengan port USB lainnya (sesuai dengan di daftar yang ada).
  4. Setelah selesai, Restart komputer. Windows akan otomatis melakukan instalasi ulang driver USB di komputer.
  5. Jika setelah restart Windows tidak melakukan installasi ulang driver USB, buka kembali Device Manager, dan klik kanan “Universal Serial Bus COntrollers” kemudian klik menu “Scan for hardware changes”. Biasanya langkah diatas bisa mengatasi masalah USB tidak terdeteksi.



Gunakan Microsoft FixIt
Mungkin ini cara yang di rekomendasikan, yaitu dengan menggunakan Tool dari Microsoft yang didesain khusus untuk mengatasi masalah USB yang tidak terdeteksi. Kunjungi halaman Diagnose and fix Windows USB problems automatically, selanjutnya klik tombol Run Now, maka akan didownload tools kecil FixIt. Setelah selesai jalankan file tersebut (memerlukan koneksi internet untuk menggunakan program ini, karena akan mengunduh file yang lebih besar dari Microsoft).


Alternatifnya download versi Offline yang sudah saya downloadkan dan saya upload ke DropBox berikut FixIt Windows Xp,Vista,7 (26 MB) atau FixIt Windows 7 ( 10 MB). Buka folder FixIt Portable dan jalankan file Launch Fix it.exe.

Mungkin masih ada (banyak) berbagai cara lain yang bisa dicoba, termasuk menggunakan software pihak ketiga. Jika anda mempunyai cara atau alternatif lain, silahkan berbagi melalui komentar.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar